Selasa, 07 Juni 2011

SERI PANDUAN PEMETAAN PARTISIPATIF

Selama ini peta menjadi acuan tata ruang dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Tetapi sayang pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah lebih berpihak kepada pengusaha dan kurang memperhatikan hak-hak masyarakat setempat, sehingga seringkali terjadi penyerobotan lahan, tumpang tindih kawasan, ketidakjelasan tapal batas, dsb. Selama ini pemerintah kurang melibatkan masyarakat, dalam menentukan pemanfaatan suatu wilayah.  

Masyarakat lain yang tidak mengalami konflik penguasaan lahan, juga bisa membuat peta untuk  tujuan pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan  sumber daya alam sehingga tidak hanya digunakan untuk kepentingan ekonomi saja. Karena dengan begitu sumber daya alam akan cepat rusak dan habis.  

Masyarakat juga bisa membuat peta untuk kepentingan pembelajaran budaya lokal dan pewarisan pengetahuan bagi generasi selanjutnya, terutama yang berhubungan dengan sumber daya alam. Kalau begitu penting bagi kita untuk penentuan perencanaan wilayah desa kita, karena kita sangat tergantung pada sumber daya alam yang terkandung di wilayah kita. Untuk kesejahteraan kita dan anak cucu kita. 

Pemetaan Partisipatif adalah pemetaan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat mengenai tempat atau wilayah di mana mereka hidup. Mengapa harus dilakukan oleh masyarakat setempat? Karena masyarakat yang hidup dan bekerja di tempat itulah yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai wilayahnya. Jadi, hanya mereka yang dapat membuat peta secara lengkap dan akurat mengenai sejarah, tata guna lahan, pandangan hidup, dan harapan masa depan.  

Itulah sepenggal kalimat yang terdapat di SERI PANDUAN PEMETAAN PARTISIPATIF yang diterbitkan oleh Garis Pergerakan untuk Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP), Bandung. 

Seri Panduan Pemetaan Partisipatif ini terdiri dari :  
1.    Apa Yang Dimaksud Dengan Pemetaan Partisipatif? 
2.    Mengenalkan Pemetaan Partisipatif 
3.    Pertemuan-pertemuan Dalam Proses Pemetaan Partisipatif 
4.    Geografi dan Koordinat Peta 
5.    Jenis-jenis Peta dan Fungsi 
6.    Membuat Peta Sketsa 
7.    Pemetaan Dengan Kompas 
8.    Pemetaan Dengan GPS (Global Positioning System) 
9.    Membuat Peta Tiga Dimensi (3D) 
10.  Alat-alat Pemetaan 

Seri Panduan Pemetaan Partisipatif tersebut di atas dapat Anda unduh pada link yang tersedia di samping. Semoga bermanfaat.