Jumat, 17 April 2009

OSN TINGKAT KABUPATEN REJANG LEBONG TAHUN 2009


SMA Negeri 1 Curup dalam seleksi calon peserta OSN Kabupaten Rejang Lebong tahun 2009 ke tingkat provinsi, kembali jadi juara umum. Seleksi yang diadakan di SMA Negeri 1 Curup Timur pada tanggal 16 April 2009 meraih prestasi melalui Juara 1 dan 2 Astronomi, Juara 1 Kebumian, Juara 1 dan 2 Kimia, Juara 1 dan 2 Biologi, Juara 1 (2 orang) Ekonomi, Juara 2 dan 3 Fisika. Sedangkan Matematika dan Komputer gagal meraih prestasi sama sekali.
Seleksi OSN Tahun 2009 tingkat kab/kota kali ini menggunakan format baru, setiap sekolah hanya diwakili oleh 2 orang peserta untuk setiap cabang olimpiade yang diikutinya. Hal ini sempat membuat beberapa sekolah kecewa, karena tahun lalu diwakili oleh 3 orang peserta setiap sekolah.
Soal-soal seleksi beberapa cabang olimpiade juga berubah. Seperti Astronomi misalnya, tahun lalu jumlah soal hanya 40 butir soal pilihan ganda, tahun ini menjadi 50 butir soal.Banyak siswa yang masih kurang memahami tata cara penilaian sehingga banyak soal yang tidak dijawab, padahal di Astronomi jika siswa menjawab salah tidak ada pengurangan nilai seperti pada cabang-cabang OSN lainnya.
Secara keseluruhan hasil seleksi OSN tingkat kabupaten Rejang Lebong masih jauh dari skor minimal untuk bersaing ke tingkat propinsi maupun nasional. Sehingga peserta yang lolos untuk mewakili kabupaten ke tingkat propinsi bulan Juni nanti harus belajar lebih keras lagi.
Panitia OSN Kab. Rejang Lebong sudah mengagendakan untuk mengadakan bimbingan khusus bagi peserta yang lolos mewakili kab. mulai awal bulan Mei nanti bertempat di SMA Negeri 1 Curup. Selain itu juga akan mengundang beberapa dosen dari UNIB untuk memberikan bimbingan.
Pada penutupan kegiatan OSN para juara diberikan piala, piagam dan uang pembinaan : Juara I : Rp 800.000,-, Juara II : Rp 700.000,- dan Juara III : 600.000,-. Juga diberikan Pila Bergilir bagi SMA Negeri 1 Curup yang berhasil menjadi Juara Umum. Piala bergilir, piagam dan uang pembinaan akan diberikan pada tanggal 2 Mei 2009 pada saat peringatan Hardiknas.

Selamat kepada para juara, belajar dan kerja keras lagi untuk membuktikan bahwa Anda semua pantas mewakili Kab ke tingkat provinsi. Tidak ada kata kalah, sebelum berlomba.Target lolos ke tingkat Provinsi dan Nasional pasti bisa Anda wujudkan. Untuk latihan Anda bisa download soal-soal seleksi dan kunci jawaban OSN cabang Astronomi dan Kebumian pada blog ini.
Sekali lagi, selamat .....!

Tidak ada komentar: